Technical Meeting Peserta Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kab. Lombok Barat

Foto untuk : Technical Meeting Peserta Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kab. Lombok Barat
Share

Kegiatan technical meeting peserta seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama Kabupaten Lombok Barat tahun 2020 berlangsung pada hari Sabtu, 7 Maret 2020 bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat selaku Ketua Panitia Seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama tahun 2020, Bapak DR. Baehaqi, S.Si, M.Pd, M.M. Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Lombok Barat selaku Sekretaris Panitia Seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama tahun 2020, Bapak Suparlan, S.Sos. Anggota Panitia Seleksi yang sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan ini yakni Prof. Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi.,M.Psych.,M.Pd, Dr. H. Ihsan Ro'is, S.T, M.Si dan Dr. Muh. Salahuddin, S.Ag, M.Ag. Adapun yang menjadi peserta adalah para pelamar calon pejabat pimpinan tinggi pratama Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 32 orang pelamar. Kegiatan technical meeting ini dibuka oleh laporan dari Sekretaris Pansel, dilanjutkan dengan Sambutan dari Sekretaris Daerah sekaligus membuka acara dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ketiga narasumber.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat dalam sambutannya memberikan penekanan pada makalah yang akan dibuat oleh peserta sebagai salah satu bagian seleksi yang akan dilaksanakan karena dari makalah tersebut dapat diketahui kapasitas dari para pelamar, "makalah yang dibuat itu adalah ukuran untuk mengetahui apa yang akan dikerjakan di tempat yang dilamar, dan apa yang akan diselesaikan di tempat itu" lanjut Beliau. untuk itu Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat ini sangat berharap kepada peserta untuk menyusun sendiri makalah yang akan dibuat dari hasil pemikiran sendiri tanpa dilebih-lebihkan, jangan sampai ada yang meminta bantuan kepada orang lain untuk dibuatkan makalah, apalagi mengambil dari internet karena itu semua akan ketahuan saat pemaparan makalah tersebut. Lebih lanjut dalam sambutannya Sekretaris Daerah mengatakan bahwa Pimpinan itu harus memiliki kapasitas, yakni kapasitas bekerja dan berbicara.keduanya harus dimiliki oleh seorang pemimpina, jika hanya mampu bekerja maka pejabat itu akan pintar sendiri, jika tidak bisa berbicara maka pimpinan tidak akan bisa menjelaskan apa yang akan dikerjakan. Pemimpin itu harus memahami manajemen, bagaimana menata suatu organisasi, harapannya adalah saat pejabat itu dilantik nantinya sistem itu akan berubah, inovasi harus berada di depan dan perasaan itu harus ditaruh di belakang.

Seperti kita ketahui bersama, pada Seleksi terbuka calon pimpinan tinggi pratama kabupaten Lombok Barat tahun 2020 ini terdapat 32 orang peserta yang melamar, sedangkan jika dilihat dari jumlah pelamar ada 56 orang yang melamar, itu artinya ada beberapa peserta yang melamar pada 2 jabatan yang kosong. adapun jumlah formasi jabatan pimpinan tinggi pratama yang lowong sesuai dengan SK Bupati Lombok Barat adalah 10 formasi jabatan, yakni :

1. Sekretaris DPRD (SEKWAN);
2. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIKBUD);
3. Kepala Dinas Sosial (DINSOS);
4. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG);
5. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR);
6. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DISKOMINFO);
7. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA);
8. Kepala Dinas Pariwisata (DISPAR);
9. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP);
10. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (POLPP).

Untuk pelaksanaan seleksi sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2020 sampai dengan 12 Maret 2020 sesuai jadwal yang sudah diumumkan sebelumnya.

Sambutan